Kasi Tembak

Pages

Rabu, 2 April 2014

Makanan Sihat Untuk Ibu Hamil Muda



Saat awal-awal kehamilan bagi ibu tentunya janganlah alpa dalam memilih makanan, kerena akan berpengaruh pada janin, dan untuk itu ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin.

Makanan sihat sangat diperlukan ibu hamil terutama pada masa awal kehamilan yang rentan mengalami keguguran. Jadi kondisi fizikal dan batin harus dijaga dengan baik agar tidak berpengaruh pada kesihatan kandungan. Umumnya masa hamil muda sering terasa mual dan muntah, dan lebih diperburuk lagi apabila kurang makan yang mengakibatkan perut kosong. Keadaan seprti ini dapat dihindari dengan sering makan namun dalam kuantiti yang ringan.

Meskipun ibu hamil merasakan mual yang berpanjangan, usahakan tetap makan makanan yang sehat dan bergizi karena gizi makanan sangatlah berpengaruh pada perkembangan janin ditubuh ibu. Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi ibu hamil, karena makanan tersebut berfungsi bagi ibu hamil untuk memperbaiki mutu dan jumlah air susu dan menjaga stabilitas tekanan darah serta pertumbuhan plasenta.

Berikut gizi yang wajib tersedia pada menu makanan sehat untuk ibu hamil muda, yaitu;Makanan Sehat untuk ibu Hamil

Karbohidrat
Karbohidrat terdiri dari makanan seperti nasi, ubi, ketela, jagung, gandum, dan kentang. Yang mana makanan mengandung karbohidrat ini berfungsi untuk tumbuh kembang janin agar dapat mencapai minimal 2,5 kg.

Protein
Ketika sedang dalam masa hamil hendaknya ibu mendapatkan protein yang diperoleh dari kedelai, telur, daging, dan jenis kacang-kacangan. Karena pertumbuhan janin di dalam perut sangat memerlukankan protein.

Vitamin
Bagi ibu hamil hendaknya mengkonsumsi jenis makanan seperti buah, daging, susu, ikan, kacang-kacangan, telur, sayur-sayuran, dan yoghurt. Dimana pada makanan tersebut terdapat berbagai jenis vitamin yang diperlukan seperti vitamin B1, B2, B6, B12, D dan asam folat. Yang mana masing-masing vitamin tersebut mempunya fungsi sebagai sumber tenaga, mengatur pemanfaatan protein dalam tubuh, penyerap kalsium serta pembentukan sel darah.

Zat Besi
Selin tiu pula zat besi sangatlah diperlukan bagi ibu hamil, dimana kandungan zat besi dapat diperolah dari makanan seperti sayuran, hati, dan daging. Dimana zat besi inu juga diperlukan oleh plasenta. Bayi mendapatkan oksigen dan gizi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu melalui plasenta. Jadi kesehatan plasenta sanagtlah penting bagi pertumbuhan bayi.

Air Putih
Air putih juga merupakan bahagian terpenting untuk menjaga kesehatan. Pada dasarnya dalam kondisi normal kita biasanya memerlukan 8 gelas air perhari. Namun ketika masa hamil keperluan air akan lebih banyak. Karena ibu hamil lebih sering berkeringat dan buang air kecil. Jadi minumlah air putih dengan sering untuk membantu mengatasi dehidrasi saat masa hamil.

Makan sehat untuk ibu hamil mudaNah itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda, semoga bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.

sumber

0 on: "Makanan Sihat Untuk Ibu Hamil Muda"